Error Prevention – pertanian.go.id

Error Prevention adalah pencegahan kesalahan, artinya sistem harusnya memberikan suatu interaksi pencegahan kepada user ketika melakukan kesalahan dalam sistem sehingga user dapat berhati-hati dalam melakukan tindakan lanjutan.


Tidak ada keterangan field yang harus diisi.

5a

Saat pengguna akan menggunakaan fitur pengaduan mengenai kementrian pertanian, pengguna terlebih dahulu melakukan registrasi. Pada field isian, tidak terdapat keterangan field mana yang harus diisi atau yang dapat dikosongkan. Keterangan field yng harus diisi biasnya menggunakan tanda ” * “. Karena tidak ada, maka saya mencoba untuk mengosongkan password. Ternyata umpan balik yang diberikan seperti gambar ini.

5c

Menurut saya, keterngan field yang harus diisi perlu ditambahkan, agar error dapat dicegah.


Pengecekan tidak dilakukan secara real-time.

5b

Setelah registrasi berhasil, saya mencoba untuk ubah password. saya mengetikkan password baru lalu saya mengetikkan retype password dengan kata yang berbeda. Ternyata setelah saya submit password berhasil diupdate. Saya menjadi sedikit bingung. Jadi retype password untuk apa apabila password tetap berhasil diubah.

Menurut saya harus ada keterangan bahwa pengetikan password harus sama dan ada suatu mekanisme untuk mengetahui apakah password yang diketikkan sama atau berbeda. Sehingga kesalahan pengguna dapat dicegah.


Severity Rating yang saya berikan adalah 2. Menurut saya hal tersebut temasuk masalah usability minor dan memiliki prioritas yang rendah untuk diperbaiki.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s