Temu Kembali Citra Tumbuhan Obat Menggunakan Ensemble SVM

Info Proyek Temu Kembali Citra Tumbuhan Obat Menggunakan Ensemble SVM :

  • Proyek magang di Lab Computational Intelligence, Ilmu Komputer IPB
  • Melakukan riset di bidang biodiversity informatics dengan membuat sistem temu kembali citra tumbuhan obat dengan menggunakan metode Ensemble SVM
  • Proyek ini merupakan pengembangan dari proyek tugas akhir sarjana saya yang berjudul “Perbandingan kinerja single dan multiple feature pada sistem temu kembali citra tumbuhan menggunakan ensemble SVM”
  • Tahapan proyek ini dimulai dari : pengambilan data citra tumbuhan obat di Gunung Halimun Salak Sukabumi untuk menambah koleksi citra. Praproses data citra. Ekstraksi fitur tekstur dan geometri citra. Perancangan machine learning untuk proses  klasifikasi dan temu kembali citra menggunakan metode Ensemble SVM. Analisis hasil percobaan. Pembuatan web temu kembali citra tumbuhan obat
  • Pengerjaan pengambilan data citra dan praproses citra dilakukan secara kelompok.
  • Pengerjaan ekstraksi fitur, perancangan machine learning, analisis hasil percobaan, dan pembuatan web temu kembali citra dilakukan secara personal
  • Perancangan machine learning menggunakan : Python 2.7, Library opencv 2.4.9 dan Library Scikit Learn
  • Perancangan web temu kembali citra menggunakan : Framework PHP Codeigniter dan MySQL
  • Waktu Pengerjaan : Agustus 2016 – Oktober 2016

Deskripsi Sistem Temu Kembali Tumbuhan Obat

Sistem temu kembali citra tumbuhan obat merupakan suatu sistem pencarian citra berdasarkan konten citra daun tumbuhan. Sistem ini dapat menentukan spesies dari citra kueri yang dimasukkan oleh pengguna, menampilkan citra-citra dari spesies citra kueri tersebut, serta menampilkan spesies tumbuhan lain yang memiliki kemiripan dengan citra kueri berdasarkan penciri yang telah dipilih oleh pengguna. Selain itu, sistem ini dapat menampilkan informasi dari setiap spesies tumbuhan obat.

Tampilan Sistem Temu Kembali Tumbuhan Obat

  • Homepage Homepage
  • Warning notification (No file chosen, File type is not allowed, Image is larger than permitted size) No file chosenFile type is not allowedImage is larger than permitted size
  • Uploading image process Uploading image
  • Preview uploaded image Preview uploaded image
  • Retrieving image based on texture feature Retrieving image based on Texture feature
  • Retrieval result based on texture feature Retrieval result based on Texture feature
  • Retrieving image based on geometry image Retrieveing image based on Geometry feature
  • Retrieval result based on geometry feature Retrieval result based on Geometry feature
  • Retrieving image based on texture and geometry features Retrieveing image based on Texture and Geometry feature
  • Retrieval result based on texture and geometry featuresRetrieval result based on Texture and Geometry feature
  • Species information Species information (retrieval result)

PasaRun

Info Proyek PasaRun :

  • Proyek User Experience Design untuk kompetisi pada Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) 8
  • Pembuatan desain interface aplikasi menggunakan Trial Version of CorelDraw X6 dan pembuatan prototype aplikasi menggunakan Axure RP dengan Student Licence
  • Waktu pengerjaan : Agustus 2015 – Oktober 2015
  • Pengerjaan : Team
  • Peran dalam team : User Interface Designer

Deskripsi PasaRun

PasaRun adalah aplikasi mobile yang membantu para ibu untuk membuat perencanaan belanja serta membantu untuk mendapatkan informasi barang belanja dengan harga termurah dan kualitas terbaik dari beberapa kios yang berada di pasar tradisional terdekat dari lokasi pengguna.

Desain aplikasi PasaRun ini menjadi finalis dalam kompetisi User Experience (UX) pada ajang Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) 8 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 2015.

Slide1Slide2Slide3Slide4Slide5Slide6Slide7Slide8Slide9Slide10Slide11

 

Pengembangan Aplikasi Web Portal OJK divisi Operasioal Jaringan Komunikasi Bank BRI

Info Proyek Pengembangan Aplikasi Web Portal OJK divisi Operasioal Jaringan Komunikasi Bank BRI :

  • Proyek Praktik Kerja Lapang (PKL) di divisi Operasional Jaringan Komunikasi Bank BRI
  • Pengembangan Aplikasi Web Portal OJK divisi Operasioal Jaringan Komunikasi Bank BRI meliputi penambahan modul pengelolaan inventaris barang, pengelolaan izin prinsip, pembuatan kalender relokasi ATM, dan pembuatan modul tambahan untuk memeriksa aktivitas komunikasi antar IP.
  • Pengembangan menggunakan Framework PHP Codeigniter dan MySQL
  • Waktu Pengerjaan : Juni 2015 – Agustus 2015
  • Pengerjaan : Personal sebagai full-stack programmer

Deskripsi Sistem

Portal OJK merupakan aplikasi web yang menunjang kinerja divisi Operasional Jaringan Komunikasi (OJK) untuk mengatur seluruh operasional kerja jaringan komunikasi Bank BRI seindonesia. Terdapat beberapa pengembangan yang dilakukan pada Portal OJK tersebut meliputi penambahan modul pengelolaan inventaris barang, pengelolaan izin prinsip, pembuatan kalender relokasi ATM, dan pembuatan modul tambahan untuk memeriksa aktivitas komunikasi antar IP.

Modul pengelolaan inventaris barang berfungsi untuk pengelolaan pembelian barang, penyimpanan barang, dan distribusi barang dari pusat ke cabang untuk keperluan instalasi atau pemeliharaan jaringan komunikasi. Modul pengelolaan izin prinsip berfungsi untuk pencatatan dan pengelolaan izin prinsip pengadaan, relokasi, ataupun upgrade jaringan komunikasi. Modul kalender berfungsi sebagai pengingat jadwal relokasi ATM dan sebagai informan status relokasi ATM. Modul pemeriksaan komunikasi antar IP berfungsi untuk mengetahui adanya aktivitas IP asing yang terkoneksi pada jaringan Bank BRI.

Tampilan Sistem

  • Tampilan Menu Master Barang MenuMasterBarang
  • Tampilan Menu Pembelian Barang MenuPembelianBarang
  • Tampilan Menu Delivery Order MenuDeliveryOrder
  • Tampilan Menu Izin Prinsip MenuIzinPrinsip
  • Tampilan Kalender Relokasi ATM kalender
  • Tampilan Informasi Relokasi ATM detail_kalender
  • Tampilan Menu Pemeriksaan Aktivitas IP IPActivity

 

 

 

Sistem Pakar untuk Identifikasi Penyakit Bacterial Pustule dan Soybean Rust pada Tanaman Kedelai

Info Proyek Sistem Pakar untuk Identifikasi Penyakit Bacterial Pustule dan Soybean Rust pada Tanaman Kedelai :

  • Proyek Mata Kuliah Sistem Pakar
  • Sistem Pakar untuk Identifikasi Penyakit Bacterial Pustule dan Soybean Rust pada Tanaman Kedelai menggunakan metode Certainty Factor
  • Pengembangan menggunakan PHP dan MySQL
  • Waktu Pengerjaan : Maret 2015 – Mei 2015
  • Pengerjaan : Team
  • Peran dalam team : Backend programmer

Deskripsi Sistem

Sistem pakar ini dibangun untuk mengidentifikasi penyakit Bacterial Pustule (Pustul Bakteri) dan Soybean Rust (Karat Kedelai) pada tanaman kacang kedelai. Kedua penyakit tersebut mempunyai tanda penyakit yang hampir mirip sehingga sulit untuk dibedakan dengan kasat mata.  Keduanya menyerang daun tanaman kedelai. Pada sistem ini, pengguna dapat melakukan pengujian dengan memasukkan parameter-parameter yang ditemukan atau diketahui, kemudian sistem akan menampilkan hasil identifikasi beserta nilai kepastiannya. Proses identifikasi dilakukan dengan menggunakan metode Certainty Factor. Selanjutnya sistem akan memberikan saran penanggulangan penyakit berdasarkan hasil identifikasi yang didapat.

Tampilan Sistem

BannerExpertSystemAboutTestResultSolutionFooter

 

Sistem Informasi Manajemen Obat

Info Proyek Sistem Informasi Manajemen Obat

  • Proyek mata kuliah Sistem Informasi
  • Sistem Informasi Manajemen Obat Poliklinik IPB berbasis web
  • Pengembangan menggunakan PHP dan MySQL
  • Waktu Pengerjaan : Maret 2015 – Mei 2015
  • Pengerjaan : Team
  • Peran dalam team : Backend programmer

Deskripsi Sistem

Sistem informasi Manajemen Obat Poliklinik IPB merupakan sistem berbasis web yang dapat digunakan oleh petugas bagian obat untuk mencatat obat-obatan yang dibeli dan mencatat pengeluran obat perhari. Sistem ini memiliki fungsi notifikasi yang dapat memberikan pemberitahuan apabila stok suatu obat hampir habis.  Selain itu, sistem ini menyimpan data pengeluaran obat sebagai arsip dan dapat ditampilkan sebagai laporan pengeluaran obat perhari ataupun perbulan untuk keperluan analisis bagi manajer.

Tampilan Sistem

  • Halaman Login (Pegawai, Manajer, dan Admininstrator) Login page
  • Halaman Transaksi Harian Bagi Pegawai serta Notifikasi Stok Obat Transaksi dan notifikasi
  • Halaman Stok Obat Daftar stok obat
  • Halaman Laporan Bulanan bagi Manager Laporan bulanan
  • Halaman Laporan Harian bagi Manajer Laporan harian
  • Halaman Pengaturan User bagi Administrator Pengaturan user
  • Halaman Pengaturan Supplier Obat Pengaturan supplier

WisataHijau

Info Proyek WisataHijau :

  • Proyek mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak
  • Sistem pelayanan pemesanan tiket taman wisata berbasis mobile web
  • Pengembangan menggunakan PHP dan MySQL
  • Waktu pengerjaan : Oktober – Desember 2014
  • Pengerjaan : Team
  • Peran dalam team : Backend programmer

Deskripsi WisataHijau

WisataHijau merupakan sistem pelayanan pemesanan tiket taman wisata secara online. Sistem tersebut dilengkapi dengan informasi lokasi taman wisata, fasilitas yang dimiliki, ciri khas taman yang menjadi daya tarik wisata, dan event tertentu seperti adanya promo atau acara lain yang diselenggarakan di tempat wisata. Selain itu, WisataHijau menyediakan fitur Smart Cost untuk mencari paket wisata sesuai budget yang dimiliki pengguna.

Tampilan Homepage WisataHijau

Homepage-lainnya

Skenario Pengguna

  1. Pelayanan pemesanan tiket dilakukan secara mobile melalui smartphone masing-masing pengguna.
  2. Pengguna memilih tanam wisata yang ingin dikunjungi dan memilih paket yang tersedia, apabila pengguna baru pertama kali melakukan pemesanan maka pengguna terlebih dahulu mengisi seluruh field form registrasi. Paket Wisata
  3. Pengguna memasukkan informasi tanggal dan jumlah pengunjung. Pemesanan Tiket
  4. Setelah itu, akan ditampilkan konfirmasi paket yang dipilih, kemudian pengguna akan mendapatkan kode pemesanan yang digunakan untuk pembayaran via ATM. Waktu pembayaran adalah 1×24 jam. Konfirmasi pemesanan tiket
  5. Setelah pengguna melakukan pembayaran maka pengguna akan mendapat QR (Quick Response) code untuk proses validasi saat mengunjungi taman wisata tersebut. Pengguna cukup menunjukkan QR code, selanjutnya pengguna dapat langsung memasuki taman wisata dan menikmati fasilitas sesuai paket yang telah dipesan. Dashboard pemesan

Fitur Tambahan

  • Tampilan Fitur Smart Cost Smartcost
  • Tampilan Dashboard Administrator Dashboard admin